Yudha

Tugas Bahasa Indonesia 1
Nama                                       : Yudha Dharmawan

No Registrasi                           : 5215077539

Prodi                                        : Pendidikan Teknik Elektronika

Fakultas                                   : Teknik


Blog kelompok                         : 094biftunjelkanonreg07.blogspot.com

Nama Penulis                           : Wahyu Wijanarko

No Registrasi                           : 01/148490/tk/26419

Jurusan                                    : Teknik Elektro

Perguruan Tinggi                      : Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Judul Skripsi                            : Implementasi Metrik Pada Perkembangan Perangkat Lunak

Angkatan                                 : 2005

Pembimbing                             : Ir Lukito Edi Nugroho

Alamat Unduhan                     :


waktu pengunduhan                : Senin 6 Juni pukul 10.20 WIB

Ide                                           :

Ide penulisan pada sripsi ini adalah  pengukuran merupakan salah satu dasar dari semua disiplin ilmu teknik.Rekayasa perangkat lunak pengukuran / metrik yang sering digunakan pada perangkat lunak. Metrik digunakan oleh industri perangkat lunak untuk mengukur proses pembuatan, operasi, dan perawatan perangkat lunak.

Sumber Penelitian                    : 1. Buku berjudul MakingSoftwareMeasurementWork karangan Hetzel B
                                                      Penerbit QED Technical Publishing Group tempat terbit
      Boston tahun 1993
                                                      ISBN 0471565687
                                                  2. Buku berjudul Programming Productivity karangan Jones C
                                                      Penerbit McGraw-Hill Book Comp tempat terbit Newyork
                                                      Tahun 1986 ISBN 0070328110
                                                  3. Buku berjudul Software Metrics for Project Management and
      Process Improvement penerbit Prentice-Hall, Inc
      Tahun 1992 ISBN 0137203845


  4. Wikipedia,    http://www.wikipedia.org/
  5. ConvertAll, http://www.bellz.org/convertall/

Kerangka                                 :

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penulisan Tugas Akhir
1.5 Metodologi Penyusunan Tugas Akhir
1.6 Sistematika Penulisan Tugas Akhir

BAB II LANDASAN TEORI

BAB III DESAIN SISTEM

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

BAB V PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
5.2 SARAN
BAB VI DAFTAR PUSTAKA








Tugas Bahasa Indonesia 2



Nama                     : Yudha Dharmawan
No Registrasi         : 5215077539
Prodi                      : Pend Teknik Elektronika
Jurusan                  : Teknik Elektro

A.     Penggunaan EYD

Kesalahan ditandai dengan huruf yang dicetak tebal


Bab 1

1.      Bahasan tidak mencakup estimasi elemen-elemen fisik seperti spesifikasi perangkat keras

Seharusnya

Bahasan tidak mencakup beberapa elemen-elemen fisik seperti spesifikasi perangkat keras

2.      Jumlah yang diharapkan adalah petunjuk yang digunakan untuk menghitung besar sumber daya

Seharusnya

Hasil yang diterapkan adalah petunjuk yang digunakan untuk mengihtung besar sumber

3.      Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen ataupun praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.

Seharusnya

Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen atau praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.


Pada Bab 2

4.      Apakah sistem memerlukan backup dan recovery?

Seharusnya

Apakah sistem memerlukan backup dan recovery ?

5.      Permasalahan yang sering ditemui adalah adanya kesulitan dalam menetapkan nilai dari obyek yang diukur dan sulitnya menetapkan parameter-parameter yang bisa diukur

Seharusnya

Permasalahan yang sering ditemui adalah adanya kesulitan dalam menetapkan nilai dari obyek yang diukur dan sulitnya menetapkan parameter-parameter yang bisa diukur

Pada Bab 3

6.      Konversi waktu tenaga kerja pada tugas akhir ini ini diperoleh dari angka pembanding yang digunakan pada perangkat lunak Convert All

Seharusnya:

Konversi waktu tenaga kerja pada tugas akhir ini ini diperoleh dari angka pembanding yang digunakan pada perangkat lunak Convert All

7.      Sistem dirancang menggunakan antarmuka berbasis web,dengan akses kebasis data dalam waktu-nyata, sehingga kondisi data terbaru dapat diperoleh secara langsung pada saat sistem diakses oleh pengguna.

Seharusnya

Sistem dirancang menggunakan antarmuka berbasis web dengan akses kebasis data dalam waktu-nyata, sehingga kondisi data terbaru dapat diperoleh secara langsung pada saat sistem diakses oleh penggunaan.

Pada bab 4

8.      Hasil estimasi yang paling besar diperoleh pada model Kemerer dan model Matson,
Barnett, dan mellichamp

Seharusnya

Hasil estimasi yang paling besar diperoleh pada model Kemerer,model Matson,Barneet, dan Mellichamp

9.      Kendali fungsi dilakukan melalui pranala-pranala yang disediakan untuk tiap
modul yang terdapat pada SIMANCA

seharusnya

Kendali fungsi dilakukan melalui pranala-pranala yang disediakan untuk tiap modul yang terdapat pada SIMANCA

10.  Perkiraan dilakukan dengan menjumlahkan atribut dan entitas-entitas yang telibat pada desain basis data

Seharusnya

Perkiraan dilakukan dengan menjumlahkan atribut dan entitas-entitas  yang telibat pada desain basis data



B. Istilah di bidang teknik elektro

1.      IC (rangkaian terpadu)
Rangkaian terpadu adalah sebuah komponen elektronik yang terdiri dari rangkaian transistor,resistor,kapasitor,dan liilitan

2.      PCB (Printed Circuit Board) / papan sirkuit cetak  
Papan sirkuit cetak adalah sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik lain tanpa kabel

3.      Solder
Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas

4.      Fuse (pengaman lebur )
Pengaman lebur adalah sebuah komponen elektronik yang berfungsi memutuskan arus listrik pendek

5.      Relay (rele)
Relai adalah suatu peranti yang menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan seperangkat kontak sakelar. Susunan paling sederhana terdiri dari kumparan kawat penghantar yang dililit pada inti besi. Bila kumparan ini dienergikan, medan magnet yang terbentuk menarik armatur berporos yang digunakan sebagai pengungkit mekanisme sakelar.



Tugas Bahasa Indonesia 2A


Nama                     : Yudha Dharmawan
No Registrasi         : 5215077539
Prodi                      : Pend Teknik Elektronika
Jurusan                  : Teknik Elektro

A.     Penggunaan EYD

Kesalahan ditandai dengan huruf yang dicetak tebal

Bab 1

1.      Bahasan tidak mencakup estimasi elemen-elemen fisik seperti spesifikasi perangkat keras

Seharusnya

Bahasan tidak mencakup beberapa elemen-elemen fisik seperti spesifikasi perangkat keras

2.      Jumlah yang diharapkan adalah petunjuk yang digunakan untuk menghitung besar sumber daya

Seharusnya

Hasil yang diterapkan adalah petunjuk yang digunakan untuk mengihtung besar sumber

3.      Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen ataupun praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.

Seharusnya

Wawancara, melakukan studi dengan metode wawancara kepada dosen atau praktisi yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini.

Pada Bab 2

4.      Apakah sistem memerlukan backup dan recovery?

Seharusnya

Apakah sistem memerlukan backup dan recovery ?

5.      Permasalahan yang sering ditemui adalah adanya kesulitan dalam menetapkan nilai dari obyek yang diukur dan sulitnya menetapkan parameter-parameter yang bisa diukur

Seharusnya

Permasalahan yang sering ditemui adalah adanya kesulitan dalam menetapkan nilai dari obyek yang diukur dan sulitnya menetapkan parameter-parameter yang bisa diukur


Pada Bab 3

6.      Konversi waktu tenaga kerja pada tugas akhir ini ini diperoleh dari angka pembanding yang digunakan pada perangkat lunak Convert All

Seharusnya:

Konversi waktu tenaga kerja pada tugas akhir ini ini diperoleh dari angka pembanding yang digunakan pada perangkat lunak Convert All

7.      Sistem dirancang menggunakan antarmuka berbasis web,dengan akses kebasis data dalam waktu-nyata, sehingga kondisi data terbaru dapat diperoleh secara langsung pada saat sistem diakses oleh pengguna.

Seharusnya

Sistem dirancang menggunakan antarmuka berbasis web dengan akses kebasis data dalam waktu-nyata, sehingga kondisi data terbaru dapat diperoleh secara langsung pada saat sistem diakses oleh penggunaan.

Pada bab 4

8.      Hasil estimasi yang paling besar diperoleh pada model Kemerer dan model Matson,
Barnett, dan mellichamp

Seharusnya

Hasil estimasi yang paling besar diperoleh pada model Kemerer,model Matson,Barneet, dan Mellichamp

9.      Kendali fungsi dilakukan melalui pranala-pranala yang disediakan untuk tiap
modul yang terdapat pada SIMANCA

seharusnya

Kendali fungsi dilakukan melalui pranala-pranala yang disediakan untuk tiap modul yang terdapat pada SIMANCA

10.  Perkiraan dilakukan dengan menjumlahkan atribut dan entitas-entitas yang telibat pada desain basis data

Seharusnya

Perkiraan dilakukan dengan menjumlahkan atribut dan entitas-entitas  yang telibat pada desain basis data


Pada Skripsi ini tidak ada catatan kaki

Daftar pustaka

Wikipedia , http://www.Wikipedia.com  tanggal unduh tidak ada

ConvertAll, http://www.bellz.org/convertall/ tanggal unduh tidak ada

B. Hetzel, Making Software Measurement Work: Building an Effective
Measurement Program, QED Technical Publishing Group, Boston,
Massachusetts, 1993, ISBN: 0471565687

C. Jones, Programming Productivity, McGraw-Hill Book Company, New York,
New York, 1986, ISBN: 0070328110

D.J. Paulish and A.D. Carleton, Case Studies of Software-Process-Improvement
Measurement, IEEE Computer, Vol. 27, No. 9, September 1994, pp.
50 – 57

Pressman, R. S. Software Engineering A Practitioner’s Approach, 5th Edition,
New York, McGraw Hill, 2000, ISBN: 0073655783

Lowell Jay Arthur, Measuring Programmer Productivity and Software Quality,
John Wiley & Sons, Inc., New York, NY, 1985, ISBN: 0471887137

Grady, Robert B., Practical Software Metrics for Project Management and
Process Improvement, Prentice-Hall, Inc., 1992, ISBN: 0137203845





Tugas bahasa Indonesia 4


Nama                           : Yudha Dharmawan
No Registrasi               : 5215077539
Prodi                            : Pend Teknik Elektronika
Jurusan                        : Teknik Elektro
Fakultas                       : Teknik

Bacalah dengan seksama skripsi yang anda teliti tentang penggunaan logika kebahasaan yang telah anda pelajari.Tunjukkan kesalahan dan bagaimana seharusnya menurut anda,minimal 10 terutama pada bab1 dan bab 2

Bab 1

1.      Paragraf  2

Melalui metrik, dapat diperoleh informasi-informasi berharga dan parameter-parameter sebagai bahan evaluasi yang obyektif mengenai atribut-atribut dan status dari suatu pengembangan perangkat lunak

Seharusnya

Melalui metrik, dapat diperoleh informasi-informasi berharga dan parameter-parameter sebagai bahan evaluasi yang  obyektif mengenai berbagai atribut dan status dari suatu pengembangan perangkat lunak

2.      Paragraf  2

yang pada akhirnya dapat memberikan pengetahuan mengenai status dari suatu proses pembuatan perangkat lunak dan atau suatu produk dari perangkat lunak.

Seharusnya

yang pada akhirnya dapat memberikan pengetahuan mengenai status dari suatu proses pembuatan perangkat lunak atau suatu produk dari perangkat lunak.

3.      Paragraf  3

yang dapat digunakan untuk membantu dalam mencari peluang-peluang baru yang bisa digunakan untuk pengembangan dan perbaikan perangkat lunak

Seharusnya

yang dapat digunakan untuk membantu dalam mencari peluang-peluang baru agar bisa digunakan untuk pengembangan dan perbaikan perangkat lunak





4.      Paragraf  6

Misalnya, ingin diketahui seberapa banyak kebutuhan yang dimiliki oleh suatu proyek, spesifikasi perangkat lunak (untuk memperkecil ambiguitas) dan kelengkapan yang digunakan untuk memenuhi
seluruh fungsi yang diperlukan.

Seharusnya

Misalnya, ingin diketahui seberapa banyak kebutuhan yang dimiliki oleh suatu proyek, spesifikasi perangkat lunak (untuk memperkecil ambiguitas) ,dan kelengkapan yang digunakan untuk memenuhi seluruh fungsi yang diperlukan.


5.      Paragraf  7

Para ahli di bidang rakayasa perangkat lunak masih harus melalui jalan panjang untuk mencapai suatu rumusan metrik yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pengembangan dan produk dari perangkat lunak.

Seharusnya

Para ahli di bidang rakayasa perangkat lunak masih harus melalui proses yang lama untuk mencapai suatu rumusan metrik yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pengembangan dan produk dari perangkat lunak.

6.      1.3 Batasan masalah

maka batasan yang diberlakukan dalam tugas akhir ini adalah implementasi teori mengenai metrik
perangkat lunak pada salah satu proyek pengembangan perangkat lunak yang sedang dikerjakan

seharusnya

maka batasan yang di terapkan dalam tugas akhir ini adalah implementasi teori mengenai metrik
perangkat lunak pada salah satu proyek pengembangan perangkat lunak yang sedang dikerjakan

Bab 2

7.      Metrik proyek , Paragraf 1

Metrik proyek digunakan oleh manajer proyek dan  tim pengembang untuk dapat beradaptasi dengan alur kerja dan aktifitas-aktivitas yang bersifat teknis

Seharusnya

Metrik proyek digunakan oleh manajer proyek beserta  tim pengembang untuk dapat beradaptasi dengan alur kerja dan aktifitas-aktivitas yang bersifat teknis



8.      2.2 pengukuran pada perangkat lunak ,Paragraf 2

Kesulitan yang biasanya dihadapi adalah pada saat melakukan kombinasi pada metrik-metrik yang diukur disebabkan karena sering terjadi perbedaan metrik antara idividu satu dengan individu lainnya

Seharusnya

Kesulitan yang biasanya dihadapi adalah pada saat melakukan kombinasi pada metrik-metrik yang diukur disebabkan karena sering terjadi perbedaan metrik antara individu satu dengan individu lainnya
9.      2.2.1 Metrik Berorientasi Ukuran

Alasan yang dikemukakan adalah kadang-kadang fungsionalitas program dapat dicapai dengan baris program yang lebih sedikit

Seharusnya

Alasan yang dikemukakan adalah terkadang fungsionalitas program dapat dicapai dengan baris program yang lebih sedikit

10.   2.3 Estimasi proyek perangkat lunak

Bagimanapun juga, estimasi proyek perangkat lunak dapat ditransformasikan dari sesuatu yang abstrak menjadi suatu urutan langkah langkah sistematis yang menghasilkan perkiraan-perkiraan dengan tingkat resiko yang dapat diterima.

Seharusnya

Bagaimanapun juga, estimasi proyek perangkat lunak dapat ditransformasikan dari sesuatu yang abstrak menjadi suatu urutan langkah langkah sistematis yang menghasilkan perkiraan-perkiraan dengan tingkat resiko yang dapat diterima.


2. Buatlah sebuah contoh perbaikan tulisan yang benar secara kebahasaan dalam langkah perbaikan skripsi  yang anda telaah ,Anda tidak peru mengubah isi skripsi tersebut tetapi hanya mengubahnya dari segi kebahasaan ?

Pada Bab 1 ,Paragraph 7

Para ahli di bidang rakayasa perangkat lunak masih harus melalui jalan panjang untuk mencapai suatu rumusan metrik yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pengembangan dan produk dari perangkat lunak

Menjadi
Para ahli di bidang rakayasa perangkat lunak masih harus melalui proses yang lama untuk mencapai suatu rumusan metrik yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pengembangan dan produk dari perangkat lunak





Tugas Jurnal bahasa indonesia
Nama                          : Yudha Dharmawan
No reg                         : 5215077539
Prodi                           : Pend teknik Elektronika
Jurusan                     : Teknik elektro
Penulis                        : Titi Nur Cahyani
Tahun lulus                : 2010
Angkatan                   : 2004
Pembimbing 1            : Dr Budjari M.Pd
Pembimbing 2            : Dr Moch Sukarjo M.Pd

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR TERAPAN ANTAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN POWERPOINT
Titi Nur Cahyani,   Drs budjari.M.Pd ,Dr Moch.Sukarjo,M.Pd
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran elektronika dasar  terapan siswa yang diajar menggunakan Macromedia Flash 8 lebih tinggi dbandingkan siswa yang diajar menggunakan power point pada siswa kelas X program Keahlian Elektronika industri SMKN 26 pembangunan Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan  di SMKN 26 Pembangunan Jakarta Timur pada Bulan Agustus sampai Oktober 2009 (semester 1 tahun Ajaran 2009/2010).Metode penelitian yang digunakan  adalah metode eksperimen .Sampel yang digunakan adalah 36 orang siswa kelas X Program keahlian Elektronika Industri yang dibagi menjadi 2 kelompok .pengumpulan data untuk melihat perbandingan hasil belajar dilaksanakan berdasarkan penelian tes Teori
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 26 Pembangunan Jakarta Timur pada Bulan Agustus sampai Oktober 2009 (semester I Tahun Ajaran 2009/2010). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah 36 orang siswa kelas X Program Keahlian Elektronika Industri yang dibagi menjadi dua kelompok. Pengumpulan data untuk melihat perbandingan hasil belajar dilaksanakan berdasarkan penilaian tes teori. Instrumen tes teori telah diuji dengan uji validitas menggunakan korelasi point biserial dan uji reliabilitas menggunakan KR-20. Instrumen secara keseluruhan telah diuji coba, validitas instrumen yang digunakan adalah validitas butir sedangkan reliabiliitas diukur menggunakan rumus KR-20. Dui hasil perhitungan didapatkan koefisien reliabilitas sebesar 0,9145. rtabei pada taraf signifikansi a = 0,05 adalah 0,444. Karena r11 rtabei maka hipotesi nol (R) ditolak, artinya instrumen penelitian ini sangat reliabel. Uji persyaratan terlebih dahulu dilakukan sebelum pengujian

Abstract

This study aims to determine whether the study subjects appliedthe basic electronics students who are taught using MacromediaFlash 8 higher dbandingkan students who are taught to use powerpoint in class X Electronics industry Skills program SMKN 26 the development of Jakarta.
The research was conducted in East Jakarta SMKN 26Development in August through October 2009 (1 year teachingsemester 2009/2010). The method used is the experimental method. The samples are 36 class X students of IndustrialElectronics skill program which is divided into 2 group. collectingdata to see the comparison study presented results of studyconducted on the basis of test theory
          The research was conducted in East Jakarta SMKN 26Development in August through October 2009 (first semester in Academic Year 2009/2010). The method used is the experimental method. The sample used was 36 students of class X ofElectronics Industry Skills Program which is divided into twogroups. The collection of data to compare the results of studyconducted on the basis of valuation theory test.
The instrumenttests the theory has been tested for validity using point biserialcorrelation and reliability test using the KR-20. Instrument as a whole has been tested, the validity of the instrument used is thevalidity of the grain while reliabiliitas measured using KR-20formula. Dui result is obtained reliability coefficient of 0.9145.rtabei at a = 0.05 significance level is 0.444. Since then hipotesizero rtabei R11 (R) is rejected, meaning that the researchinstrument is very reliable. Test requirements first, conducted prior to testing

1.      Pendahuluan
Pendidikan adalah salah satu upaya untuk menaikkan martabat suatu bangsa .Pendidikan merupakan kunci utama untuk menuju masyarakat yang adil makmur ,sejahtera rohani dan sejahtera sosial .Pendidikan yang baik akan melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas,yang emiliki tanggung jawab dan integritas tinggi.
Suatu bangsa akan maju apabila memiliki generasi penerus yang menguasai ilmu pendidikan dan teknologi serta diiringi ahlak yang baik.Sekolah menengah kejuruan program keahlian elektronika industri adalah sebuah lembaga pendidikan yang dituntut untuk menyiapkan sumber dayamanusia yang memiliki keahlian serta integritas dibidang teknologi industri.
Penggunaan komputer dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar ,dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.Software animasi memiliki banyak kelebihan dalam fasilitas,diantaranya dapat memasukkan efek suara ,gambar dan animasi teks
Dengan menggunakan software animasi dalam proses pembelajaran dapat memamfaatkan pendidik sebagai media pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan materi kepada peserta didik.mata pelajaran Elektronika dasar terapan adalah mata pelajaran dasar kejuruan yang diberikan kepada siswa kelas X program keahlian elektronika industri SMKN 26 jakarta.Mata pelajaran ini berisi materi tentang dasar dasar komponen elektronika ..pengetahuan dasar ini akan menjadi bekal siswa dalam mengerjakan mata pelajaran yang bersifat praktik,yang pada aplikasinya nanti dapat diterapkan dalam kehidupan nyata saat mulai terjun dalam dunia inndustri yang sesungguhnya
manusia yang memiliki keahlian dan integritas di bidang teknologi industri. Sebagai sekolah yang memiliki tujuan menyiapkan tamatannya memilki kompetensi keahlian di bidangnya, maka kurikulum dan perencanaan sekolah menengah kejuruan menjadi landasan utama untuk merealisasikan tujuan tersebut. Perkembangan teknologi terutama teknologi komputer secara tidak langsung memberikan pengaruh kepada dunia pendidikan. Penggunaan komputer dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar, dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Selain perkembangan teknologi, perkembangan software juga mengalami kemajuan pesat, khususnya software animasi.
Software animasi memilki banyak kelebihan dalam fasilitas, diantaranya dapat memasukkan efek suara, gambar dan animasi teks. Penggunaan software animasi dalam proses pembelajaran dapat dimanfaatkan pendidik sebagai media pembelajaran yang efektik dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Dengan menggunakan sothvare animasi dalam proses belajar mengajar pendidik dapat menyampaikan materi yanp„ bersifat abstrak digambarkan menjadi lebih konkret.
Macromedia Flash Profesional 8 adalah salah satu software animasi yang berfungsi untuk presentasi. Macromedia Flash Profesional 8 merupakan perangkat lunak yang mempunyai kemampuan yang lebih dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, animasi, dan suara yang lebih interaktif, karena flas'h memiliki kemampuan untuk menganimasikan gerakan objek sesuai dengan instruksi dan dapat menganimasikan grafis yang rumit secara sangat cepat. Macromedia Flash 8 dapat menampilkan materi dalam bentuk animasi yang dapat menarik perhatian siswa sehingga proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.
Microsoft Powerpoint adalah sebuah software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profesional dan juga mudah Microsoft Powerpoint akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih baik dan jelas tujuannya jika dipresenta.sikan, karena Powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide„ outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis termasuk clip art yang menarik, yang semua itu mudah ditampilkan dalam layar minitor komputer. Microsoft Povverpoint saat ini telah banyak digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai media penyampaian informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Pada Macromedia .flash 8 seorang pendidik dapat memanfaatkan fasilitas animasi di dalamnya untuk menyampaikan teori ke dalam bentuk yang lebih konkret, namun pada software ini kurang mendukung dari sisi presentasi. Pada Powerpoint seseorang dapat memanfaatkan kemudahan dan keragaman bentuk presentasi, namun terbatas pada sisi animasi.
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 26 Jakarta Program Keahlian Elektronika Industri adalah salah satu sekolah kejuruan yang memanfaatkan software animasi sebagai media pembelajaran. Mata pe1ajaran Elektronika Dasar Terapan adafah mata pelajaran dasar kejuruan yang diberikan kepada siswa kelas X program keahlian elektronika industri SMKN 26 Jakarta. Mata pelajaran ini bertujuan untuk memberikan siswapengetahuan dasar agar siswa mampu membaca dan mengidentifikasi komponen komponen elektronika.
 Pengetahuan dasar ini yang akan menjadi bekal siswa dalam inengerjakan mata pelajaran yang bersifat praktik, yang pada aplikasi nanti dapat diterapkan da1am kehidupan nyata terutama saat mulai terjun ke dalam dunia industri yang sesungguhnya. Mata pelajaran Elektronika Dasar Terapan berisi materi tentang komponen-komponen dasar elektronika.
 Komponen yang diajarkan terdiri dari komponen aktif dan komponen pasif. Komponen pasif tidak dapat mengakibatkan kenaikan daya listrik dalam rangkaian, contohnya resistor, kapasitor dan induktor. Sedangkan komponen aktif adalah komponen semikonduktor yang mempunyai fungsi olahan menyearahkan, contoh komponen aktif adalah dioda transistor. Komponen ini dapat menerima daya output rendah dan mengkonversikan menjadi daya output tinggi.
Prinsip kerja komponen aktif ini akan terlalu abstrak jika hanya dijelaskan secara teotitis, untuk itu diperlukan media pembelajaran yang mampu memberikan animasi sehingga isi materi dapat digambarkan secara konkret, sehingga siswa mampu memahami secara mendalam mengenai prinsip kerja komponen aktifterutama transistor. Transistor adalah komponen semikonduktor yang prinsip kerjanya lebih kompleks dibandingkan dengan komponen elektronika yang lain. Dalam prinsip kerjanya transistror diibaratkan sebagai dua buah dioda, oleh karena itu dengan memberikan gambaran konkret mengenai prinsip kerja transistor maka siswa dapat memahami komponen komponen elektronika lain yang memiliki prinsip kerja lehih sederhana.
Identifikasi Masalah Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka permasalahan yang dapat diidentifikasi yaitu 1. Faktor apakah yang mempengaruhi hasil belajar siswa? 2. Apakah penggunaan media pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa? 3. Apakah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flasih 8 terhadap hasil belajar siswa? 4. Apakah terdapat perbedaan terhadap hasil belajar mata pelajaran Elektronika Dasar Terapan antara siswa yang diajar menggunakan Macromedia Flash 8 dengan yang diajar menggunakan Powerpoint? 5. Apakah komputer sebagai media penyampaian informasi dapat membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi lebih interaktif, efektif dan efisien 9 6. Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan Macromedia Flash 8 lebih baik daripada yang menggunakan Powerpoint? 7. Faktor-faktor apa sajakah yang dapat membuat kegiatan belajar-mengajar berlangsung interaktif dan dua arah? 8. Apakah perkembangan software komputer saat ini memiliki pengaruh terhadap kemajuan dunia pendidikan? 9. Apakah media pembelajaran memiliki pengaruh dalam memotivasi peserta didik dalam proses belajar?
2.      Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuanttatif dengan pendekatan eksperimen ,karena peneliti mengendalikan variabel bebas serta mengamati variabel terkait untuk melihat pengaruh yang sesuai dengan manipulasi variabe variabel tersebut
Hasil belajar mata pelajaran elektronika dasar terapan merupakan sebuah pperilaku pengetahuan,keterampilan,sikap informasi dan strategi kognitif yang baru dan diperoleh siswa setekah beriteraksi dengan lingkungan dalam suatu suasana atau kondisi pembelajaran mata pelajaran elektronika
Pada penelitian ini ingin diketahui hasil belajar elektronika dasar terapan dari ranah kognitif (salah satu hasil klasifikasi hasil belajar dari Bloom) meliputi pengetahuan ,pemahaman,analisis,sintesis,dan evaluasi
Prosedur penelitian ini dilakukan dalam proses belajar mengajar .kelas dibagi menjadi 2 kelompok A diberi perlakuan dengan menggunakan media Macromedia flash 8 dan kelompok b dberi perlakuan dengan media power point
Prosedur penelitian yan dilakukan sebagai berikut :
Berdasarkan silabus elektronika dasar terapan program keahlian Elektronika industri SMKN 26 pembangunan  Jakarta peneliti membuat deskripsi pembelajaran dan RPP serta alokasi waktu pertemuan sebanyak 6 kali
Pokok bahasan pada penelitian                                      
Pada pra penelitian ini peneliti menyiapkan bahan materi yang akan digunakan dalam penelitian. Pokok bahasan yang terdapat dalam Macromediaflash 8 dan Powerpoint meliputi : 1) Fungsi dan kegunaan transistor
 • Fungsi dan kegunaan transistor
• Simbol transistor

2) Jenis-jenis dan karakteristik transistor
• Jenis-jenis transistor
 • Karakteristik transistor
 • Kurva kolektor
 • Kurva basis
 • Garis beban DC
• Daerah operasi transistor

3) Rangkaian bias transistor
 • Rangkaian bias basis
 • Rangkaian bias pembagi tegangan
• Rangkaian bias umpan balik kolektor
 • Rangkaian bias emitter


 • Rumus untuk menghitung arus dan tegangan Melakukan evaluasi oleh dosen materi dan memberikan saran yang berkaitan dengan isi materi yang disajikan.
Instrumen penelitian
Instrumen  adalah alat atau fasilitas yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaan lebih mudah dan hasil lebih baik dalam arti cermat.instrumen disususn untuk mendapatkan jenis data yang diperluakan dalam pengujian hipotesis penelitian yaitu data hasil belajar mata pelajaran elektronika dasar terapan.dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban
Populasi dan Sanwel Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa SMKN 26 Pembangunan Jakarta Program Keahlian Elektronika industri semester I Tahun Ajaran 2009 / 2010.  Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X Program Keahlian Elektronika Industri. Sampel dipilh secara acak dengan mengundi 36 siswa untuk dikelompokkan ke dalam kelompok yang dikenai perlakuan dengan Macromedia Flash 8 dan kelompok yang dikenai perlakuan dengan Media Powerpoint. Masing—masing kelompok berjumlah 18 orang.
Prosedur Penelitian Penelitian ini dilakukan dalam proses belajar-mengajar. Keias dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A diberi perlakuan dengan menggunakan media Macromedia Flash 8 dan kelompok B diberi perlakuan dengan media Powerpoint. Prosedur penelitian yang dilakukan adalah sebagi berikut : a. Pra penelitian Berdasarkan silabus Elektronika Dasar Terapan Program Keahlian Elektronika Industri SMKN 26 Pembangunan Jakarta peneliti membuat deskripsi pembelajaran dan RPP disertai alokasi waktu pertemuan sebanyak 6 kali pertemuan disesuaiakan dengan isi materi Elektronika Dasar Terapan, kemudian dikonsultasikan dengan Guru mata pelajaran tersebut..
Instrument penelitian ini untuk mengukur hasil belajar Elektronika Dasar Terapan dari aspek ranah kognitif adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir dengan indikator pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, sintesis, dan evaluasi. Dalam memperoleh nilai dari tes hasil belajar Elektronika Dasar Terapan dilakukan penyekoran terhadap hasil tes dengan skor 1 untuk jawaban benar dan skor 0 untuk jawaban salah.
Uji coba instrumen
 Sebelum alat tes hasil belajar Elektronika Dasar Terapan digunakan untuk pengambilan data penelitian, maka dilakukan uji coba. Tujuannya untuk mengetahui kesahihan (validitas), keajegan (reliabilitas) alat penelitian, dan tingkat kesukaran soal dengan menguj ikannya kepada 20 orang di luar sampel sejauh mana informasi tersebut dapat dipakai untuk menjawab dan memahami gejala- gejala lainnya. Untuk mencapai hasil yang optimal, siswa harus mampu mengatasi kendala dan hambatan yang dihadapinya dalam tahap- tahap belajar yang dilaluinya. Sehingga kompetensi yang akan diperolehnya menjadi input yang sangat penting dalam proses dan tahap belajar selanjutnya.
 Dalam pengertian umum belajar adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan dengan cara mengolah bahan belajar. Dalam belajar tersebut, individu menggunakan ranah- ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, akibat belajar tersebut maka kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik makin bertambah. Menurut teori Gestalt-field, belajar merupakan suatu pandangan perilaku yang dapat diamati, yang terjadi melalui terkaitnya stimulus-stimulus dan respon-respon menurut prinsip-prinsip mekanistik. Stimulus adalah penyebab terjadinya belajar, sedangkan respon yaitu akibat-akibat atau efek-efek yang berupa reaksi fisik suatu organisma baik stimulus eksternal maupun stimulus internal.5 Menurut Hamalik, belajar adalah pertumbuhan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan 1atihan.6 Belajar juga dapat diartikan sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya.

Tahap penelitian
. kegiatan Pembelajaran
Materi
fungsi dan kegunaan transistor, jenis-jenis dan karakteristik transistor, rangkaian bias transistor dan memberikan rumus arus dan tegangan dalam rangkaian bias.
 Metode : ceramah dan diskusi Media Macromediaflash 8 Evaluasi
•. di akhir setiap materi dan post test 2.
 Kegiatan pembelajaran II
Materi
fungsi dan kegunaan transistor, jenis-jenis dan karakteristik transistor, rangkaian bias transistor dan memberikan rumus arus dan tegangan dalam rangkaian bias.
Metode            : ceramah dan diskusi
Media              : Powerpoint
 Evaluasi            : di akhir setiap materi dan post test Dari dua kegiatan pembelajaran di atas, dilakukan perlakuan yang berbeda antara kegiatan pembelajaran I dan kegiatan pembelajaran II.
Proses pembelajaran pada kegiatan pembelajaran I menggunakan Macromediaflash 8 pada kelompok A, sedangkan proses pembelajaran menggunakan Powerpoint pada kelornpok B.
pada kegiatan II


3.      Hasil dan Pembahasan
Deskripsi data hasil belajar elektronika dasar terapan kelompok ekspermen metode macromediaflas 8
Setelah kelompok melaksanakan teori sebanyak 6 kali pertemuan maka diadakan tes teori untuk mengukur hasil belajar sisw yang mengikuti mata pelajaran elektronika dasar terapan
Data mengenai eksperimen A diperoleh melalui skor jawaban atas pengisisan instrumen peelitian berupa pertanyaan pilihan ganda yang dijawab oleh 18 orang siswa pada kelompok eksperimen yang telah ditetapkan
Sebaran data untuk hasil belajar menggunakan macromedia flash player 8 ini tercantum dalam lampiran,setelah melakukan tes teori maka dapat dihitung hasil belajar melalui frekuensi skor hasil belajar dengan menggunakan macromedia flash 8 sehingga akan didapat rangkuman data sebagai berikut

Banyak data (N)         :18
Rata-rata (X1)             : 83,6
Skor tertinggi              : 95
Σ X1                            : 1495
ΣX2                             : 125525
Skor terndah               : 70
Stanadar devasi           : 8,93
Variasi                         : 79,82
           


Deskripsi  data hasil belajar elektronika dasar terapan kelompok kontrol metode powerpoint
Data mengenai kelompok (B) diperoleh melalui skor jawaban atas pengisisan instrumen penelitian berupa pertanyaan pilihan ganda yang dijawab oleh 18 siswa pada kelompok kontrol yang telah ditetapkan.sebaran data untuk hasil belajar menggunakan powerpoint tercantum pada lampiran 12
Berikut ini adalah hasil data hasil belaar elektronika terapan
Banyak data (N)                     : 18
Rata rata X1                ; 77,22
Skor tertinggi              : 95
Σ X1                            : 1390
ΣX2                             : 109050
Skor terendah               : 60

Standar deviasi           : 10.3
Variasi                         : 100,65



Hasil Uji Persyaratan Analisis
Untuk memenuhi syarat-syarat pengujian hipotesis telah dilakukan  pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan pengujian homogenitas dengan uji kesamaan dua varians, karena dat a terdiri dari dua kelompok.
Uji normalitas
Pada uji normalitas ini pengujian yang dilakukan adalah pengujian terhadap masing-masing kelompok, yaitu kelompok metode Macromedia Flash 8 dan kelompok metode Powerpoint 1.1 Hasil Uji Normalitas Kelompok Metode Macromedia Flash 8 Hasil pengujian normalitas pada post tes metode Macromedia Flash diperoleh harga Liutung sebesar 0,149 sedangkan Ltabel dengan taraf signifikansi a =- 0,05 dengan sampel sebanyak 18 siswa adalah 0,200, karena 1,1„,„„g < I dtabel maka dapat disimpulkan bahwa populasi data berdistribusi normal.


Pengujian Hipotesis
 Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menghasilkan besaran angka thitung sebesar 1,865, dari daftar distribusi t (student) untuk uji satu pihak pada taraf nyata a = 0,05 dengan dk --= n — 2 = 34 diperoleh ttabel = 1,68, sehingga diperoleh t _hitung > ttabel• Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dan pengujian memberikan hasil yang berarti. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Elektronika Dasar Terapan siswa yang diajar menggunakan Macromedia Flash 8 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Powerpoint.
F hltung ' Ftabel Kriteria pengujian Keputusan Keterangan 1,26 2,23 Terima Ho bila Fffitung < Ftabel Karena Fhinung < Ftabel maka Ho diterima Populasi homogen

Keterbatasan penelitian
Keterbatasan yang diperoleh dari hasil analisis hasil penelitian dalah sebagai berikut:
1.      Untuk menumbuhkan minat siswa smk terhadap mata pelajaran elektronika dasar terapan maka diperlukan pemberian motivaasi
2.      Penelitian ini tidak luput dari kesalahan terutama dalam melakukan penilaian hasil belaar siswa karena dipengaruhi beberapa hal diantarantta adalah kondisi kemampuan siswa yang tidak stabil
3.      Penelitian ini hanya mencakup datu sekolah saja degan jumlah aspek soal sebanyak 20 butir soal yang merupakan soal pilihan dari sub kompetensi


4.      kesimpulan
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka kesimpulan ang didapat adalah hasil belajar elektronika terapan kelompok kelas yag diajar menggunakan macromedia flash lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelompok kelas yang diajar menggunakan powerpoint

Daftar pustaka
Arif S.Sadiman 2003.media pendidikan ,pengertian ,pengembangan,dan penerapannya,Jakarta:PT.Raja grafindo Persada.
Ahmad rohani.1997.Media instruksional edukatif.Jakarta : PT.Rineka Cipta.
Aristo rahardi.2004.Media pembelajaran.Jakarta : PT.Rajawali  Pers.
Syah M.ED,Muhibbin.2008.Psikologi belajar.Jakarta : PT.Raja Grafindo persada.
Sudjana .2002.Metode statistika.Bandung : PT.Tarsito..